Apa itu bir pletok ?


Hai milenial tau ngak kalian tentang bir pletok Dan dari mana sih asalnya ?

"Yuk cari tau "


Bir pletok merupakan minuman khas dari betawi yang sudah ada dari jaman dulu , Hayo yang ngaku anak betawi asli tau nggak tentang minuman khas ini aku  ajah yang bukan anak Betawi tau ( sombong )  kalo kita tau nggak papa ya heheh , Becanda .

" Oke kita balik ke pembahasan "

Seperti yang kita ketahui orang asli betawi itu kan sangat kental dengan islam tapi kok ada minuman khas betawi yaitu bir  cuma ini punya nama belakang pletok , Tolong jangan berpikir negatif dulu ya .

Jadi begini ceritanya dahulu kala pada masa penjajahan belanda masyarakat betawi itu sering menyaksikan ketika orang orang belanda berpesta salah satu minuman yang di sajikan yaitu bir atau wine bahkan di keseharian orang belanda juga gemar meminum bir pada saat berkumpul di malam hari tidak hanya saat pesta .

Pada saat itu sebenarnya orang orang betawi juga ingin mencoba minuman yang bernama bir itu tapi karena minum bir itu di larang dalam islam jadi muncullah inisiatif untuk membuat minuman yang menyerupai bir yang memiliki fungsi  menghangatkan badan tapi tidak di larang di dalam islam dan tidak mengandung alkohol . sedangkan rasa hangat nya di peroleh dari jahe dan sereh

"Lantas darimana asal nama pletok itu? "


"Pletok " ada sumber yang mengatakan pletok itu berasal dari kebiasaan orang betawi yang ketika menyajikan bir pletok menggunakan gelas bambu dan beradunya gelas bambu dengan es ini lah yang menimbulkan bunyi pletok , Namun ada juga sumber yang mengatakan pletok ini berasal dari bunyi kayu penyumbat botol bir yang ketika di buka menimbulkan suara pletok .

Terus apa minuman ini saat ini masih ada ?

Tentu minuman ini masih bisa kita jumpai biasa di acara pesta pernikahan orang betawi . bir ini enak di minum pas kondisi hangat namun jika ingin yang dingin juga bisa .



Berikut adalah babhan dan cara membuat bir pletok sesuai yang aku tau ya

1. air secukupnya
2. batang sereh yang telah di memarkan secukupnya
3. jahe yang di memarkan
4. gula sesuai selera
5.kayu manis sesuai kebutuhan
6. cengkeh
7.kapulaga
8.biji pala
9.daun jeruk purut
10. kayu secang yang telah di serut
11.daun pandan

Cara membuat
rebus semua bahan dalam panci dengan api sedang setelah mendidih dan warna agak merah kecoklatan angkat dan sajikan dalam gelas , Udah deh jadilah bir pletok.



Semoga tulisan ini bermanfaat .
selamat membaca dan mempak buat bir pletok ....
 

http://jakarta-tourism.go.id/2017/news/2018/11/resep-bir-pletok
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150622154243-262-61620/sejarah-bir-pletok-betawi-tiruan-anggur-barat-tanpa-alkohol?
https://kulturbetawi.wordpress.com/author/kulturbetawi/




Comments

Popular posts from this blog

Hari Ini

Hujan

HUJAN DI JANUARI